Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Elang dan Bidadari, (2) aspek sosiologi novel Elang dan Bidadari, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) Unsur intrinsik novel Elang dan Bidadari mencakup enam aspek: (a) tema: percintaan; (b) tokoh utama: Jingga adalah gadis yang religius dan Young-Han: adalah pria yang ketus, tokoh tambahan: Pak Wiryawan ayah yang penyayang; Prof. Lee: tegas; Prasetyo : pandai; So-Eun: mudah terpengaruh; Jun-Su: ramah; Awan: penyayang; (c) alur: maju; (d) latar tempat: Seoul, Korea Selatan, Paris, dan Jakarta, latar waktu: pagi, siang, sore dan malam, latar sosial: gaya hidup masyarakat Korea yang bertolak belakang dengan masyarakat Indonesia; (e) sudut pandang: orang ketiga metode diaan; (f) amanat: sebagai sebagai manusia sudah seharusnya selalu berusaha dalam mewujudkan mimpi dan selalu menjunjung tinggi ajaran agama Islam. (2) Aspek-aspek sosiologi yang terdapat pada novel Elang dan Bidadari digolongkan menjadi lima, yaitu (a) aspek cinta; (b) aspek kepercayaan; (c) aspek kebudayaan; (d) aspek pendidikan; dan (e) aspek perekonomian. (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan langkah-langkah pembelajarannya: (a) siswa dikelompokan ke dalam 4-6 kelompok; (b) guru memberikan materi yang berbeda; (c) siswa membentuk tim ahli untuk berdiskusi; (d) tim ahli kembali ke kelompok asal; (e) tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi; (f) guru memberi evaluasi. Kata kunci: Unsur intrinsik, Aspek sosiologi, Novel Elang dan Bidadari
Copyrights © 2015