Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech

PENGGUNAAN METODE GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIKLAT SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN

Agus Panca Sulistyono Agus Panca Sulistyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode group discussion pada mata diklat sistem bahan bakar motor bensin di SMK Negeri 6 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo. Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan berbeda secara signifikan. Pada siklus I sebsanyak 17 siswa yang tuntas dan dengan prosentase sebesar 62,96%, pada siklus II ketuntasan meningkat kembali menjadi 23 siswa yang tuntas dengan prosentase ketuntasan 85,13%. Dari segi aktivitas belajar siswa pada siklus I belum adanya saling kerja sama dalam kelompokĀ  meningkat pada siklus II yang terjalin kerjasama di dalam kelompok, sehingga aktifitas siswa dapat meningkat selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan group discussion dalam mata diklat sistem bahan bakar motor bensin diĀ  kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo dilihat dari prosentase mulai dari 55,55% meningkat menjadi 88,89%. Kata kunci : group discussion, prestasi belajar, sistem bahan bakar, motor bensin.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...