Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech

KORELASI ANTARA KONDISI EDUKATIF GURU DENGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS PADA SMK NURUSSALAF KEMIRI PURWOREJO

hangga permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan kondisi edukatif guru yang berupa: jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan pelatihan yang diikuti terhadap kemampuan pengelolaan kelas oleh guru SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 .Penelitian ini dilakukan di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dikelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo dengan jumlah 5 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mencari data kondisi edukatif guru yang berupa jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan pelatihan yang diikuti, sedangkan angket diberikan ke siswa untuk mengetahui kemampuan pengelolaan kelas oleh tiap- tiap guru. Penelitian ini menggunakan teknik product moment. Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi edukatif guru dalam penelitian ini mempunyai hubungan dengan penguasaan atau pengelolaan kelas. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,648 dan r tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N = 20 sebesar 0,444.  Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan ada hubungan kondisi edukatif guru dengan pengelolaan kelas di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo dapat diterima.   Kata Kunci: Kondisi Edukatif, Pengelolaan Kelas, Guru SMK

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...