Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH

PENGARUH KREATIFITAS DAN FASILITAS PRAKTIK PENGUKURAN TEKNIK DI BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS X SMK N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Angestu Dwijoseno (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2016

Abstract

Angestu Dwijoseno. Pengaruh Kreatifitas dan Fasilitas Praktik Pengukuran Teknik di Bengkel Otomotif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Program studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh antara kreatifitas terhadap prestasi belajar praktik pengukuran teknik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. (2) apakah ada pengaruh antara fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015.(3) apakah ada pengaruh antara kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, karena penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis kegiatan penelitian yang sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitian, baik tentang tujuan penelitian, subjek penelitian, objek penelitian, sampel data, sumber data, maupun metodologinya. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel kreatifitas, fasilitas prakik, dan prestasi belajar. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan Uji Simultan (uji F) dan Uji Parsial (uji T ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yang sangat kuat antara kreatifitas siswa terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t signifikansi (probability) sebesar 0,001 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan sebesar 12.296 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan tingkat hitung tabel signifikan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar yang dibuktikan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t tingkat signifikansi (probability) sebesar 0,002 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang positif sebesar 11.469 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan hitung tabel dan signifikan kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Purworejo yang dibuktikan dengan Hasil analisis nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...