Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan sarana dan prasarana bengkel praktik (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negri 1 Nganjuk (3) Ada tidaknya pengaruh sarana dan prasarana bengkel praktik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif- korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nganjuk dengan teknik pengambilan Random Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data untuk penelitian ini adalah dengan cara (1) Angket, (2) Observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, setelah itu hasil angket tentang sarana dan prasarana bengkel praktik dan motivasi belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi antara kedua variable tersebut. Dari hasil perhitungan dengan angka korelasi dengan df 30, diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikasi sebesar 0,361. Ternyata rxy atau ro (0,602) adalah lebih besar dari r tabel, maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Berarti terdapat korelasi/pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan/pengaruh yang sedang atau cukup antara variabel sarana dan prasarana bengkel praktik dengan variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nganjuk yaitu sebesar 36,24 %. Kata Kunci: Sarana dan prasarana, bengkel praktik, motivasi belajar.
Copyrights © 2016