Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH

Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo 105 EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA DI SMKN 1 PURWOREJO

Agung Purwo Sucipto Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan metode ceramah dan metode kerja kelompok terhadap peningkatan pengetahuan teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMKN 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan menggunakan dua kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Variabel dependen yaitu pengetahuan siswa, variabel independen yaitu metode pembelajaran (ceramah dan kerja kelompok). Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil perhitungan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel yaitu 3,19 > 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari post-test adalah terdapat perbedaan atau tidak sama. Dengan hasil akhir rata-rata siswa, dimana Mean ± SD dengan pembelajaran metode kerja kelompok adalah (82,80 ± 5,95) sedangkan Mean ± SD dengan metode pembelajaran ceramah adalah (77,86 ± 6,00). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.Kata kunci : Metode Ceramah, Metode Kerja Kelompok, Peningkatan Pengetahuan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...