Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STAND ALAT PERAGA SISTEM WIPER WASHER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG TAHUN 2015/2016

Pradipta Yafi Atprivema Bambang Sudarsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2017

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Stand Alat Peraga Sistem Wiper Washer Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR Di Smk Ma’arif 2 Gombong Tahun 2015/2016.Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran Alat Peraga guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Alat Peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Alat Peraga pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R n D)). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian media (angket) dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Tehnik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian ini meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk.Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembuatan media pembelajaran system kelistrikan berupa stand dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan pada siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 gombong telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. (2) hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, (3) hasil uji pembeda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,014 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata hasil belajar 82,56 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 72,86.Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengembangan Media, Alat Peraga, Wiper washer

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...