Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH

UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE STAD PADA MATERI SISTEM REM DI SMK N 4 PURWOREJO

Rudi Wibowo (Unknown)
Bambang Sudarsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif.Hasil penelitian pada kemandirian belajar siklus I sebesar 50% siswa masuk kategori baik, kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Sedangkan dari hasil belajar diperoleh rerata persentase mencapai 70% lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% dengan adanya alat peraga dan kumpulan soal dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Sehingga, dapat di simpulkan pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian, metode pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.Kata kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, STAD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...