Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH

Penerapan Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Stand Sepeda Motor GL-100 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar sistem kopling di SMK Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2017/2018

Yunus Aris Sukamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi kompetensi Kopling kelas X TSM B di SMK Muhammadiyah Purwodadi setelah penerapan media pembelajaran stand sepeda motor GL-100.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMK Muhamadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM B SMK Muhammadiyah Purwodadi dalam kompetensi Kopling. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci: Kata kunci: Metode Demonstrasi, Penerapan Media, Hasil belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...