Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan kualitas guru yangberupa: jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan pelatihan yang diikutiterhadap kemampuan pengelolaan kelas oleh guru SMK Negeri 1 Kebumen tahunpelajaran 2017/2018 .Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kebumen. Subjek dalampenelitian ini adalah guru yang mengajar dikelas X jurusan Teknik KendaraanRingan SMK Negeri 1 Kebumen dengan jumlah 5 guru. Teknik pengumpulan datamenggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mencaridata kondisi kualitas guru yang berupa jenjang pendidikan, pengalamanmengajar dan pelatihan yang diikuti, sedangkan angket diberikan ke siswa untukmengetahui kemampuan pengelolaan kelas oleh tiap- tiap guru. Penelitian inimenggunakan teknik product moment.Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi kualitas guru dalam penelitian inimempunyai hubungan dengan penguasaan atau pengelolaan kelas. Hal inidibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik product momentdiperoleh nilai r hitung sebesar 0,648 dan r tabel pada taraf signifikansi 5 %dengan N = 20 sebesar 0,444. Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakanada hubungan kondisi kualitas guru dengan pengelolaan kelas di SMK Negeri 1Kebumen dapat diterima.Kata Kunci: Kualitas Guru, Pengelolaan Kelas,Guru SMK
Copyrights © 2019