Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAO KOMPETENSI SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Fadlil Zen, Alif Ahmad (Unknown)
Sudarsono, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Puworejo?. Program Keahlian Pendidikan vokasional teknologi otomotif universitas muhammadiyah Purworejo?.. Skirpsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2019.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran project based learning dalam kompentesi sistem bahan bakar diesel, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap minat belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa.1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 4 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2019, yang berjumlah 24 orang yang semuanya adalah mahasiswa laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 63,75% berkategori kurang, naik menjadi 67,29% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 76,46%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 79% pada siklus II.Kata kunci: metode pembelajaraan project based learning, minat belajar, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...