Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 3, No 3 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI

Yurikai, Yurika (Unknown)
Syamsu, Syamsu (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan peningkatan hasil belajar IPA fisika dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan teknik think pair share dan model pembelajaran guided inquiry pada siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain “Non ekivalen pretest-posttest design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas VIII Chairil Anwar sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Ws. Rendra sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 9,54 dengan standar deviasi 3,35, untuk rerata skor posttest adalah 19,08 dengan standar deviasi 3,16. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 9,46 dengan standar deviasi 2,75, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 16,77 dengan standar deviasi 4,20. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor hasil belajar siswa dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 2,22 dan ttabel = 2,00. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho. Berdasarkan uji N-gain diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 61,71% pada kelas eksperimen dan 47% pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan dan peningkatan model pembeajaran guided inquiry dengan teknik think pair share dengan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani, hal inilah yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran yang digunakan. Kata Kunci : Guided Inquiry dengan Teknik Think Pair Share, Hasil Belajar[1]

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...