Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 7, No 1 (2019): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Alat Sains Sederhana terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palu

Husnia, Husnia (Unknown)
Saehana, Sahrul (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inqiry dengan alat sains sederhana terhadap pemahaman konsep fluida satis pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain The non-equivalent prestest-postest design. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk tes esai berjumlah 5 soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen adalah 31,5 dengan standar deviasi 26,40, untuk rerata skor posttest adalah 67,75 dengan standar deviasi 11,50. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 31 dengan standar deviasi 11,12, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 57,5 dengan standar deviasi 17,25. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t satu pihak untuk menguji perbedaan rerata skor pemahaman konsep fisika siswa dengan taraf signifikan  = 0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 5,88 dan ttabel = 1,69. Ini berarti bahwa nilai thitungberada di luar daerah penerimaan Ho. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inqiry dengan alat sains sederhana terhadap pemahaman konsep fluida statis pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 palu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...