Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 7, No 1 (2019): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu

Lekka, Fienny Putri Lela (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Syamsu, Syamsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Talking Stick pada siswa kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain “The equivalent pretest-posttest design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen ke-1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen ke-2. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor posttest hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen ke-1 adalah 25,30 dengan standar deviasi 3,89 dari 35 skor total. Untuk kelas eksperimen ke-2 diperoleh rerata skor posttest adalah 21,90 dengan standar deviasi 5,32 dari 35 skor total. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor hasil belajar siswa dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 2,46 dan ttabel= 2,02. Ini berarti nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada terdapat perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Talking Stick pada siswa kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...