Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 5, No 2 (2017): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Perbedaan Hasil Belajar Fisika Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make and Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu

Yuniarti, Listin (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Darmadi, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Abstrak – Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji signifikansi perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran  inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make and match kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang diterapkan pada dua kelas eksperimen yaitu kelas VIII. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel kelas eksperimen pertama 26 orang dan kelas eksperimen kedua 24 orang. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan tes hasil belajar fisika pada materi getaran dan gelombang, menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas inkuiri terbimbing yaitu  17,23 dan standar deviasi sebesar 2,83, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas kooperatif tipe make and match yaitu 15,29 dan standar deviasi sebesar 3,07.  Hasil uji t dua pihak dengan dk = 48 dan taraf signifikansi 14α">  = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,40 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 1,68 Nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika antara siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make and match. Kata Kunci : Inkuiri terbimbing ( guided inqury ), Kooperatif tipe Make and Match, Hasil Belajar Fisika

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...