Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 6, No 2 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Penyajian Contoh Problem Solving terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora

Asri, Moh (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Mansyur, Jusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Abstrak –Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi scaffolding dalam penyajian contoh problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh strategi scaffolding dalam penyajian contoh problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 2,44 > 2,01dengan taraf signifikasi . Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasilya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas yang mengikuti strategi scaffolding dalam penyajian contoh problem solving dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi scaffolding dalam penyajian  contoh problem solving lebih terbantu dalam memecahkan masalah dengan menggunakan tahapan Polya dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci: strategi scaffolding, Problem Solving, Hasil Belajar Fisika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...