Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode pictorial riddle dan siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen A dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen B dengan jumlah siswa 20 orang. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen A mencapai skor 10,5 dan kelompok eksperimen B mencapai skor 9,1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung =1,54 dan ttabel = 2,02 pada taraf nyata  = 0,05 dengan kriteria penerimaan, Ho diterima jika -t(1-0.5 ) < t < t(1-0.5 ) dan tolak Ho dalam hal lain. Demikian, karena thitung < ttabel maka artinya Ho diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode pictorial riddle dan siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode demonstrasi.
Copyrights © 2013