Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 1, No 3 (2013): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA METODE PICTORIAL RIDDLE DAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU

Susilawati, Susilawati (Unknown)
Fihrin, Fihrin (Unknown)
Darmadi, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2014

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode pictorial riddle dan siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen A dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen B dengan jumlah siswa 20 orang. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen A mencapai skor 10,5 dan kelompok eksperimen B mencapai skor 9,1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung =1,54 dan ttabel = 2,02 pada taraf nyata  = 0,05 dengan kriteria penerimaan, Ho diterima jika  -t(1-0.5 ) < t < t(1-0.5 ) dan tolak Ho dalam hal lain. Demikian, karena thitung < ttabel maka artinya Ho diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode pictorial riddle dan siswa yang mengikuti pembelajaran inquiry terbimbing dengan metode demonstrasi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...