EDU CIVIC
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL EDU-CIVIC

Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Aktif Dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palasa.

Agustin, Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2013

Abstract

  Peneliti ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggert yaitu 1) tahap perencanaan tindakan,2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Tindakan pembelajaran dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) tahap awal, (2) tahap inti, (3) tahap akhir yang masing-masing siklus menggunakan penerapan Pembelajaran aktif dan menyenangkan  pada Materi yang dibahas tentang ketaataan terhadap peraturan perundang-undangan nasional, dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yakni siswa yang tuntas 11 dari 18 siswa atau persentase ketuntasan klasikal 61,11 % dan daya serap klasikal 77%, serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II di peroleh ketuntasan Klasikal 88,88 % dan daya serap klasikal sebesar 91 %, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran aktif dan menyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa  di kelas VIII SMP Negeri 2 Palasa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2013