Prosiding Seminar Nasional Taman Siswa Bima
Vol. 4 No. 2 (2005): Jurnal Pustakawan Indonesia

Imbas Dari Teknologiinformasi Dan Komunikasi Terhadap Rumah Tangga Perpustakaan

Sulistyo - Basuki (Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Kampus Baru UI)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2013

Abstract

Katalogisasi untuk DVD masih belum standar, artinya masing-masing perpusta-kaan menggunakan pedoman yang berbeda-beda. Hal ini terjadi karena tidak semua perpustakaan memilikiĀ  Anglo-American Cataloguing Rules 2, revised edition, 2003 di samping juga kesulitan menaf-sirkan peraturan yang tertera di dalamnya. UntukĀ  Bibliografi Nasional Indonesiakatalogisasi DVD masih belum dimuat. Di segi lain, pada tahun 2003 Perpustakaan Nasional sudah menerjemahkan AACR2r termasuk peraturan katalogisasi sumber elektronik, namun pada tahun anggaran 2004 hasil tersebut belum dikembangkan, dibahas lebih lanjut apalagi disosialisa-sikan. Ada baiknya peraturan katalogisasi dikembangkan sebagai bagian standardi-sasi nasional sehingga penerapannya lebih luas, dapat digunakan di mana-mana dan mensyaratkan revisi setiap lima tahun sekali.Hasil terjemahan Perpustakaan Nasional banyak manfaatnya bagi katalo-gisasi DVD di Indonesia termasuk juga untuk lembaga pendidikan pustakawan karena lulusan merekalah yang akan banyak mengkatalog sumber elektronik pada masa mendatang.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Merupakan terbitan berkala terbit dua kali setahun yang menyajikan tulisan-tulisan Bidang perpustakaan, dokumentasi, Informasi dan komputer, Bidang Perpusdokinfokom di ...