Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan (Journal of Soil Science and Environment)
Vol 20 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan

Analisis Potensi Ketersediaan dan Kebutuhan Air di Daerah Aliran Sungai Cisangkuy: Analysis of Potential Availability and Water Needs of Cisangkuy Watershed

Mariana Lusia Resubun (Program Studi Ilmu Pengelolaan DAS, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Jl. Meranti Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680)
Ennie Dwi Wahjunie (Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Jl. Meranti Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680)
Suria Darma Tarigan (Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Jl. Meranti Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Kondisi DAS Cisangkuy mengalami degradasi yang ditunjukkan dengan semakin seringnya kejadian banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau. Beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung mengalami banjir tahunan. Pada 2013, banjir setinggi dua meter menyebabkan Kabupaten Baleendah terisolasi. Perubahan penggunaan lahan di DAS Cisangkuy merupakan salah satu penyebab menurunnya kondisi hidrologis. Peningkatan populasi di DAS Cisangkuy menyebabkan peningkatan permintaan air. Perubahan penggunaan lahan dan peningkatan populasi dapat mengancam ketersediaan air baku di DAS Cisangkuy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keseimbangan pasokan dan permintaan air DAS Cisangkuy dan untuk menganalisis dampak perubahan penggunaan lahan pada respon hidrologi DAS Cisangkuy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan air DAS Cisangkuy dengan debit rata-rata 2015 memiliki jumlah air yang tersedia hingga 343,121,970 m3. Total ketersediaan air hingga 11,104,629,178 m3 pada tahun 2015. Berdasarkan hasil ini, ada defisit air hingga 10,498,001,277 m3 tahun-1.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtanah

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan merupakan media yang menyajikan artikel mengenai hasil penelitian dan telaah perkembangan mutakhir dalam bidang ilmu tanah, air, dan ilmu lingkungan sebagai bahan kajian utama. ...