Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang
Vol 3, No 2 (2018): December 2018

PELATIHAN TATA KELOLA PEMASARAN PRODUK BERBASIS MOBILE MARKETING UKM INDUSTRI PERAK

Ernani Hadiyati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajayana Malang)
Gunadi Gunadi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajayana Malang)
Issa Arwani (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Malang.)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Program kemitraan masyarakat merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelola UMKM, dalam bidang tata kelola pemasaran produk dan pemasaran berbasis mobile marketing. Target kegiatan ini meliputi: peningkatan kemampuan pengelola UMKM pengrajin perak dalam tatakelola pemasaran produk dan pemasaran berbasis mobile marketing. Luaran yang diharapkan berupa jasa pelatihan, modul dan panduan penerapan tatakelola pemasaran produk dan pemasaran mobile marketing. Metode pelaksanaan menggunakan kombinasi antara pelatihan klasikal, evaluasi, pendampingan dan hibah peralatan untuk menstimulir UMKM pengrajin perak dalam mengimplementasikan materi pelatihan. Hasil pelaksanaan pendampingan menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan dalam tatakelola pemasaran produk dan pemasaran berbasisi mobile marketing maka kinerja pengelola UMKM menunjukkan peningkatan yang signifikan. DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities

Description

ABDIMAS: Published by Institute for Research and Community Services (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)) University of Merdeka Malang as the implementation of science, technology, economics, environment, and social in empowering the community. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian ...