Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya
Vol 2, No 1 (2012)

An Analysis of Tropes Used in Electronic Appliances Advertisements in English Magazines

Anin Eka Sulistyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2012

Abstract

Iklan adalah pemberitahuan publik untuk menawarkan atau meminta barang, jasa, dll. Salah satu faktor krusial dan penting untuk membuat iklan menjadi menarik dan mudah dipahami adalah kiasan. Selain itu, kiasan dapat membantu produsen dalam membujuk konsumen untuk membeli produk mereka. Ada dua hal yang diteliti dalam penelitian ini. Yang pertama adalah kiasan apa yang paling sering digunakan dalam iklan barang elektronik di majalah berbahasa Inggris dan yang kedua adalah di mana mereka sering digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis kiasan yang umum digunakan dalam iklan peralatan elektronik di majalah berbahasa Inggris dan untuk mengidentifikasi posisi kiasan tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan masukan bagi pengiklan yang berniat untuk merancang iklan, khususnya dalam bentuk tertulis. Obyek penelitian ini adalah iklan peralatan elektronik di majalah berbahasa Inggris. Iklan-iklan tersebut diambil dari enam majalah bahasa Inggris, yaitu; Majalah Connected Mei/Juni 2004 dan Juli/Agustus 2004; Majalah Time edisi 22 Mei 2006 dan 26 Juni 2006, Majalah Info Komputer Agustus 2007, dan Majalah The Jakarta Post Weekender Agustus 2007. Untuk tujuan analisis, data disajikan melalui beberapa langkah. Pertama, iklan dikumpulkan dan dibaca. Kemudian mereka dimasukkan ke dalam kelompok-kelompok. Setelah itu, data yang telah diidentifikasi diinventarisasi dalam tabel. Langkah terakhir adalah mengklasifikasikan iklan dengan memilih data yang sesuai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masalah penelitian. Pada tahap ini penulis mengklasifikasikan beberapa elemen dari iklan, yang terkait dengan topik tersebut. Hasil analisis itu dalam bentuk penjelasan secara rinci mengenai penggunaan kiasan dalam iklan peralatan elektronik. Kiasan yang digunakan dalam iklan adalah hiperbola, metonimi, sinekdok, personifikasi dan klimaks. Dengan melengkapi analisis, pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian ini akan terjawab. Pertama, kiasan yang paling dominan digunakan dalam iklan peralatan elektronik adalah hiperbola. Persentase rinciannya adalah hiperbola 43,33%, sinekdok dan personifikasi 20%, klimaks 10%, dan metonimi hanya 6,67%. Dan kiasan sebagian besar ditempatkan pada judul.Keyword: kiasan

Copyrights © 2012