Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra
Vol 3, No 1 (2008): volume 3, nomor 1, januari 2008

FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN MEDIA CETAK

sri puji astuti (Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Undip Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2012

Abstract

Iklan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang atau jasa. Fungsi iklan adalah mempengaruhi khalayak agar mau membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen,  Bahasa iklan termasuk  ragam bisnis yang  merupakan salah satu pemakaian bahasa dalam komunikasi. Fungsi komunikasi apa sajakah yang terdapat dalam wacana iklan media cetak dibahas dalam makalah ini. Data penelitian ini bersumber dari harian Suara Merdeka, Jawa Pos, dan Majalah Femina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan enam fungsi bahasa dalam wacana iklan yaitu fungsi eksperesif, fungsi direktif, fungsi informasional, fungsi metalingual, fungsi puitik, dan fungsi imajinatif Kata Kunci: Fungsi bahasa, iklan, media cetak

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

nusa

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal NUSA adalah jurnal nasional terakreditasi Sinta Kemristekdikti yang diterbitkan oleh Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, jurnal NUSA menerima dan memuat artikel mengenai Sastra Indonesia, Kajian Bahasa, Linguistik Teoritis, Linguistik Terapan, Sastra ...