Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013

Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia

Yasa, Ketut Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) kecermatan formula berbasis bahasa Inggris dan formula berbasis bahasa Indonesia (BI), dan (2) perbedaan kecermatan kedua formula tesebut dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia. Rancangan penelitian ini berupa peneli-tian ex-post facto. Populasi primer penelitian ini adalah teks berbahasa Indonesia dalam BSE seba-nyak 12 teks. Populasi sekundernya adalah siswa kelas IX SMP se-Kota Singaraja Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 1770 orang. Sampel primer ditentukan secara quota sampling sebanyak 5 teks. Sampel sekundernya ditentukan secara quota-area-clusster-proportional-random sampling sebanyak 324 orang. Data primer berupa tingkat keterbacaan teks dikumpulkan dengan menerapkan masing-masing formula keterbacaan. Data sekunder berupa kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan tes bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kedua formula di atas cermat menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, dan (2) tidak ada perbedaan kecer-matan antara penggunaan kedua formula di atas dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia. Kata-kata Kunci: kecermatan, formula keterbacaan, teks berbahasa indonesia

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...