Serupa : The Journal of Art Education
Vol 1, No 2 (2013): Seri A

PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA BIDANG SENI RUPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 PADANG

Juria Susinta. S, Wisdiarman, Suib Awrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2013

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa yang diajar menggunakan peta konsep dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep di kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep di kelas VII SMPN 34 Padang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah 224 orang siswa. Sampel penelitian kelas VII.1 dan VII.2. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group desaign. Temuan penelitian adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa yang diajar menggunakan peta konsep berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-test yang didapat = 5,304 dan = 1,645 dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa > , sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan.AbstractThe purpose of this study was to determine differences in student learning outcomes in the subject field of Cultural Arts Arts is taught using concept maps the learning outcomes of students who are taught without the use of concept maps in class VII 34 junior high schools Negeri Padang. The research hypothesis is that there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught using concept maps the learning outcomes of students who are taught without the use of concept maps in class VII junior high schools 34 Padang. Population were all students of class VII consists of 7 classes, with 224 students. Sample class research VII.1 and VII.2. The data collection technique is to use the test. This type of research is a quasi experimental research design pretest-posttest control group desaign. The study's findings are the result of student learning in the subject areas of Arts Cultural Arts is taught using concept maps different learning outcomes of students who are taught without using concept maps. It is shown from the calculation of the t-test obtained t_hitung = 5.304 and = 1.645 t_tabel of calculation can be seen that t_hitung> t_tabel, so we can conclude the experimental class learning outcomes and control classes vary significantly.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...