Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaranseni budaya sub bidang studi seni rupa di SMA Negeri 3 Padang dengan orientasinya adalahguru bidang studi. Fokus penelitian ini adalah pada proses atau pada saat pembelajaranberlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh disusun secara sistematis, terorganisir, terstruktur dan terpola,kemudian dianalisis, diverifikasi, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasekolah yang bagus ( disini dikatakan kedalam kategori RSBI) belum tentu menjamin mutuhasil pembelajaran. Pembelajaran dilakukan tidak secara professional. perencanaanpembelajaran hanya untuk memenuhi syarat saja, aspek mutu maupun sasaran yang ingindicapai hanya berwujud wacana/ konsep. Pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai denganperencanaan awal dimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak memenuhi standar– standar yang telah di tetapkan. Tidak ada acuan yang jelas dalam mengevaluasipembelajaran siswa. Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran
Copyrights © 2013