dCartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi
Vol 4, No 2 (2015): September 2015

Aplikasi Fuzzy Goal Programming (Studi Kasus: UD. Sinar Sakti Manado)

Tampinongkol, Felliks (Unknown)
Rindengan, Altien (Unknown)
Latumakulita, Luther (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2015

Abstract

Pengoptimalan merupakan salah satu proses penentuan tinggi rendah-nya suatu pendapatan atau memaksimumkan keuntungan, meminimumkan tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan oleh pengambil keputusan. Penentuan solusi optimal sering kali dipakai oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang pemasaran atau produksi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat user interface (UI) untuk menyelesaikan masalah fuzzy goal programming (FGP) dan penentuan hasil solusi optimal pada perusahaan UD. Sinar Sakti Manado. Data yang digunakan merupakan data hasil produksi perusahaan pada tahun 2014. Dari hasil yang diperoleh, jika pengambil keputusan perusahaan menginginkan pendapatan minimum Rp. 250.000.000 dan waktu kerja maximum 2400 jam, maka keuntungan yang akan diperoleh perusahaan sebesar Rp. 318.816.650318.816.650 dengan produk yang harus dihasilkan adalah 2 buah Dresoar uk.250, 28,7646 buah Dresoar uk.150, 2 buah Dresoar uk.100 dan 24,1966 set Sofa Laminating. Kata kunci : Fuzzy Goal Programming, Optimalisasi, User InterfaceCallSend SMSCall from mobileAdd to SkypeYou'll need Skype CreditFree via Skype

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

decartesian

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

dCartesiaN merupakan jurnal yang berhubungan dengan matematika dan komputasi bersama turunan-turunannya (aljabar, geometri, analisis, matematika terapan, matematika diskrit, statistika, teknologi informasi, sistem informasi, rekayasa perangkat ...