JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi
Vol 11 No 1 (2020): JRAK: Jurnal RIset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi

PENGARUH BOARD INDEPENDENCE, FIRM SIZE, DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN (SUB SEKTOR PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2009 – 2018)

Nur Aziza, Desiana Dinda (Unknown)
Dewi, Riana R (Unknown)
Fajri, Rosa Nikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Kebijakan dividen merupakan hak laba yang digunakan investor dimana laba tersebut akan dibagi atau ditahan untuk diinvestasikan kembali. Populasi yang digunakan peneliti adalah 8 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2009-2018. Pengambilan sampel dengan cara teknik purposive sampling, perusahaan yang terpilih sebanyak 8 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan regresi linier berganda. Penelitian ini memperoleh hasil board independence dan net profit margin berpengaruh terhadap kebijakan dividen, sedangkan firm size dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Manfaat dari pengkajian ini adalah memberikan tambahan informasi terhadap peneliti yang akan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi keuangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRAK is a peer review journal published twice a year (February and Augst) by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Islamic University of 45 (UNISMA). JRAK addresses the broad area of Financial Accounting, Public Accounting, Syariah Accounting, computerization accounting and Tax ...