Strategi humas, dalam perspektif internasional, mensyaratkan dimilikinya substansi nyata dari suatu organisasi bangsa, berupa “identitas organisasi” yang berakar dari “budaya organisasi” bangsa yang bersangkutan. Substansi inilah yang akan menjadi modal dalam pencitraan suatu bangsa, secara internal sebagai pengendali hubungan antar berbagai publik internal, dan secara eksternal sebagai landasan pengembangan reputasi maupun promosi bangsa. Indonesia sebagai organisasi, kini berada dalam kondisi kritis kehilangan jati diri dan identitas budaya organisasinya. Kondisi ini merupakan salah satu faktor penyebab runtuhnya citra bangsa dimata publik internasional. Oleh karenanya reidentifikasi budaya organisasi bagi bangsa Indonesia menjadi amat bermakna. Rekonstruksi budaya untuk membangun kembali citra bangsa yang terpuruk, perlu didahului oleh reidentifikasi budaya organisasi, karena bangsa ini sedang belajar mengenali kembali jati diri dan budayanya. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh adalah dengan menggencarkan kesadaran akan pentingnya gerakan ini, melalui pendidikan kehumasan dalam perspektif internasional ke segala penjuru dan lapisan masyarakat. Dengan didukung oleh performa media massa melalui strategi media relations, dan dimotori oleh para pengelola negara yang memiliki kewenangan lintas sektoral, diharapkan semua elemen bangsa memiliki kesadaran untuk menjalankan fungsi humas internasional, sesuai dengan kapabilitas dan perannya masing-masing dalam berbangsa dan bernegara.
Copyrights © 2004