Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 16, No 1 (2009)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DAN GAMBARAN KEMAMPUAN IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 21 SURABAYA

Eko Hariyono Wiwien Maryuni, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2009

Abstract

Abstrak: Beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP N 21 Surabaya adalah belum dapat diterapkannya dengan baik keterampilan proses sains dan kerja ilmiah siswa. Kondisi tersebut didasarkan pada beberapa alasan, antara lain:  kurang difahaminya tahapan-tahapan keterampilan proses sains oleh guru, sehingga tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi IPA terutama dalam menerapkan keterampilan proses sains dan kerja ilmiah dalam pembelajaran IPA. Hal ini berpengaruh pada siswa sehingga kurang terampil dalam melaksanakan kegiatan ilmiah, keterampilan berpikir kritis rendah, penguasaan konsep IPA lemah, kurang terampil dalam menggunakan alat-alat IPA dan kurang mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bersifat kualitatif untuk menggambarkan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kemampuan IPA siswa kelas di SMPN 21 Surabaya yang meliputi keterampilan proses sains dan kerja ilmiah dan kemampuan menggunakan beberapa alat ukur IPA.Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran secara umum sudah cukup baik namun masih perlu untuk ditingkatkan terutama dalam mengintegrasikan keterampilan proses sains dan kerja ilmiah, proses sains dan kerja ilmiah siswa masih renda terutama pada aspek merumuskan simpulan dan membuat prediksi beberapa alat ukur IPA belum dapat digunakan dengan baik, masih dijumpai indikasi miskonsepsi pada beberapa konsep IPA dan belum mampu menggunakan konsep yang dipelajari untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan upaya-upaya bagi guru untuk lebih terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran yang diorientasikan pada keterampilan proses sains dan kerja ilmiah.

Copyrights © 2009