Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 16, No 2 (2009)

Penerapan Student Center Learning Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan I di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNESA

Madewi Mulyanratna, (Unknown)
Sri Mulyaningsih, (Unknown)
Supriyono, (Unknown)
Eko Hariyono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2009

Abstract

Abstrak : Telah dilakukan penelitian tentang penerapan Student Centered Learning (SCL) untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dalam mata kuliah Program Pengalaman Lapangan I di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNESA. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menerapkan PTK dan Lesson Study pada 60 mahasiswa pemrogram mata kuliah PPL I. Dalam penelitian menggunakan 2 siklus. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: Penerapan Student Centered Learning (SCL) diterapkan dalam pembelajaran pada mahasiswa pemrogam PPL 1 yang diintegrasikan dengan PTK dan Lesson Study. Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan yang meliputi tahapan planing, action and observation dan reflection. Hard skill dan soft skill mahasiswa setelah penerapan SCL dalam mata kuliah PPL 1 rata-rata dalam kategori baik. Aspek yang perlu ditingkatkan adalah berpikir kritis dan komunikasi efektif dengan rata-rata skor < 70. Peningkatan soft skill mahasiswa cukup baik, hasil ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2. Kemandirian mahasiswa, percaya diri, tanggung jawab, berpikir kritis dan kreatif meningkat pada siklus 2, walaupun dalam proses penelitian diamati oleh pengamat yang jumlahnya relatif banyak (5 orang).Untuk memecahkan masalah yang dihadapi mahasiswa dilapangan dapat diantisipasi berdasarkan pengalaman belajar yang diperoleh melalui Student Centered Learning (SCL). Dengan soft skill yang disiapkan mahasiswa akan lebih mudah mengatasi semua kendala saat melaksanakan program PPL di lapangan.

Copyrights © 2009