Lambatnya adaptasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika perlu menjadi perhatian yang serius untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Banyak penelitian menunjukkan kelebihan bahan ajar berbasis animasi, pendekatan kontektual maupun kearifan lokal. Namun dalam pembelajaran matematika khususnya kalkulus diferensial, belum ada bahan ajar yang menggambungkan ketiganya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kalkulus diferensial berbasi animasi dengan pendekatan kontekstual dan kearifan lokal. Dilakukan uji validasi kepada ahli dari segi konten materi, grafis-animasi dan keterbacaan, serta respon peserta didik terhadah bahan ajar yang dikembangkan. Diperoleh hasil bahwa bahan ajar ini layak untuk digunakan dengan kriteria sangat baik dan memperoleh respon positif mahasiswa dalam hal penggunaan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan minat dalam mengikuti pembelajaran. Bahan ajar berbasis animasi ini bisa digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang menarik minat mahasiswa. Penelitian pengembangan serupa perlu dilakukan dan dilanjutkan oleh para peneliti dan pengembang media untuk mata kuliah yang lain atau mata pelajaran di sekolah.
Copyrights © 2018