Media Riset Akuntansi
Vol 1, No 2 (2011): Agustus

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI JAWA TENGAH

Sularso, Havid (Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman)
Restianto, Yanuar E. (Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2012

Abstract

Kemampuan keuangan daerah ditunjukkan dengan kinerja keuangan, dapat digunakan sebagai  alat mengukur keberhasilan daerah dalam menjalankan otonomi daerah. Kemajuan satu daerah  salah satunya dapat ditinjau dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu faktor yang  memengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah  sebagai stimulus ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kinerja  keuangan terhadap alokasi belanja modal dan pertumbuhan ekonomi. Metoda analisis data  menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Analysis of  Moment Structures (AMOS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alokasi belanja modal  dipengaruhi oleh kinerja keuangan, alokasi belanja modal berpengaruh terhadap pertumbuhan  ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung dipengaruhi oleh kinerja keuangan  daerah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemerintah daerah harus senantiasa  meningkatkankinerjakeuangannyakarenaberdampakpadapeningkatanbelanjamodal, sehingga harus mendapatkan prioritas yang memadai. Kata kunci: kinerja keuangan, alokasi belanja modal, pertumbuhan ekonomi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

journal_MRA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal MEDIA RISET AKUNTANSI merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang Akuntansi. Jurnal Media Riset Akuntansi dikelolah oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial ...