Telepon seluler (ponsel) merupakan alat telekomunikasi dua arah yang memiliki mobilitas sangat tinggi. Merek-merek ponsel yang beredar di Indonesia yaitu Nokia, Blackberry, Samsung, Sony Ericsson, merek China dan merek lain. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi mahasiswa Universitas Diponegoro dalam membeli sebuah merek ponsel adalah usia, jenis kelamin, nama merek, harga, fitur, desain dan gaya serta kinerja. Pengambilan sampel penelitian menggunakan salah satu teknik dari non probability sampling, yaitu teknik purposive sampling. Untuk menganalisis permasalahan ini digunakan analisis regresi logistik politomus. Berdasarkan uji signifikansi model dan parameter, diketahui usia, nama merek, harga, fitur, desain dan gaya serta kinerja berpengaruh terhadap pemilihan merek ponsel. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Nokia, Blackberry, Samsung, Sony Ericsson, merek China dan merek lain masing-masing adalah sebesar 96.83%, 94.26%, 86.98%, 93.45%, 86.07% dan 99.99%. Kata Kunci: ponsel, purposive sampling, regresi logistik politomus
Copyrights © 2013