AGROEKOTEKNOLOGI
Vol 4, No 1 (2016)

Potensi Bakteri Endofit dalam Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Tembakau yang Terinfeksi Nematoda Puru Akar (Meloidogyne spp.)

R Surya Murthi (Unknown)
Lisnawita Lisnawita (Unknown)
Syahrial Oemry (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2016

Abstract

Potensi Bakteri Endofit dalam Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Tembakau yang Terinfeksi Nematoda  Puru Akar (Meloidogyne spp.). Nematoda puru akar (Meloidogyne spp.) pada tanaman tembakau merupakan penyakit penting yang dihadapi oleh perkebunan tembakau di Indonesia. Beberapa teknik pengendalian telah dilakukan, seperti penggunaan nematisida, kultur teknis dan penambahan bahan organik namun belum efektif mengendalikan patogen ini. Pengendalian biologi dengan bakteri endofit merupakan alternatif pengendalian Meloidogyne spp. Penelitian  ini bertujuan untuk mendapatkan bakteri endofit asal akar nilam meningkatkan pertumbuhan tanaman tembakau yang terinfeksi nematoda  puru akar (Meloidogyne spp.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara pada  bulan Juli – Desember 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap nonfaktorial dengan perlakuan pemberian beberapa jenis bakteri endofit yaitu: Kontrol (diaplikasikan nematoda 500ekor/pot), Bacillus spp.1, Pseudomonas spp. dan Bacillus spp.2. Hasil penelitian menunjukan laju pertumbuhan dan pertambahan jumlah daun terbaik terdapat pada perlakuan Pseudomonas spp. sedangkan berat basah dan kering akar tertinggi terdapat pada tanaman yang diaplikasikan Bacillus spp 1. Kata kunci : Bacillus spp., Pseudomonas spp., Meloidogyne spp., tembakau.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

agroekoteknologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal AGROEKOTEKNOLOGI merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan secara online berisikan hasil-hasil penelitian tentang hama dan penyakit tumbuhan, agronomi, pemuliaan tanaman dan ilmu ...