Dunia Teknologi Informasi - Jurnal Online
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Dunia Teknologi Informasi

Penerapan Harmony Search Algorithm dalam Permasalahan Penjadwalan Flow Shop

Indra Aulia (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Erna Budhiarti Nababan (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Muhammad Anggia Muchtar (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Dunia manufaktur dan industri jasa memiliki permasalahan dibidang penjadwalan. Penjadwalan adalah proses pengambilan keputusan yang berkaitan tentang pengalokasian sejumlah resource dan tugas dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu teknik untuk mendapatkan penjadwalan yang efektif dan efisien. Flow shop merupakan salah satu permasalahan penjadwalan yang dikategorikan dalam permasalahan NP-hard. Permutation akan menjadi kendala dalam lingkungan flow shop dimana mesin-mesin diatur secara seri dengan menyusun antrian job mengikuti aturan FIFO. Harmony search algorithm salah satu teknik metaheuristik yang terinspirasi dari permainan musik. Algoritma tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan permutation flow shop untuk minimize makespan. Teknik penyelesaian dengan menggunakan algoritma tersebut menerapkan inisialisasi dengan variabel diskrit. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, harmony search algorithm efektif menghasilkan makespan yang lebih baik dari makespan yang terdapat pada benchmark data.

Copyrights © 2012