Alkhawarizmi
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Alkhawarizimi

Impelementasi Kompresi Teks Menggunakan Metode Huffman untuk Menghemat Karakter pada Short Message Service

Evi Mariani Harahap (Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara)
Dian Rachmawati (Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara)
Herriyance Herriyance (Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2012

Abstract

Kajian ini membahas mengenai implementasi metode Huffman statis dalam penggunaan SMS yang masih memiliki kelemahan yaitu keterbatasan penulisan teks SMS untuk karakter 7-bit yang hanya sebanyak 160 karakter untuk satu kali kirim. Oleh sebab itu diperlukan proses kompresi dan dekompresi pada teks SMS dengan membuat aplikasi HuffmanKompresi, sehingga mampu menjadikan ukuran SMS tersebut seminimal mungkin pada saat dikirimkan. Setiap karakter yang dituliskan akan diubah menjadi bentuk bit sesuai dengan tabel statis Huffman, rangkaian bit tersebut akan dikirimkan ke nomor tujuan dengan menggunakan mode pengiriman BinaryMessage. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java yaitu J2ME dan berjalan pada mobile phone berbasis Java MIDP 2.0 dan konfigurasi CLDC 1.1. Pengirim dan penerima bisa berkomunikasi apabila aplikasi sudah terinstal dan dijalankan di mobile phone keduanya. Aplikasi ini bertujuan untuk menghemat pemakaian SMS dengan meminimalisasikan ukuran data yang akan dikirimkan. Sehingga dapat menghasilkan rasio penghematan kompresi sekitar 31%.

Copyrights © 2012