Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017

ANALISIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERDASARKAN STANDAR PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DARI PERPUSTAKAAN NASIONAL (Studi Kasus di SMPN 1 Ungaran)

Apsari, Anindhita Widya (Unknown)
Kurniawan, Amin Taufiq (Unknown)
Hermintoyo, Hermintoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan standar penyelenggaraan perpustakaan sekolah dariperpustakaan nasional di perpustakaan SMPN 1 Ungaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui kesesuaian koleksi, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan sekolah di SMPN 1Ungaran dengan standar dari perpustakaan nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah perpustakaanSMPN 1 Ungaran. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan pustakawan, sedangkanguru dan siswa yang merupakan pemustaka berperan sebagai triangulasi. Metode pengumpulan datamelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa standarpenyelenggaraan Perpustakaan Nasional pada SMPN 1 Ungaran Kabupaten Semarang berdasarkanitem koleksi “belum memenuhi standar” karena masih ada yang kurang yakni tentang audio visual, danbaru terealisasi 1 majalah (Panjebar Semangat) yang dilanggan, sedangkan berdasarkan item sumberdaya manusia “belum memenuhi standar” karena baru mempunyai satu pustakawan yang mengampu 8rombongan belajar, dan gaji masih mengikuti anggaran BOS bukan UMR, dan berdasarkan itemPelayanan juga “belum memenuhi standar”.

Copyrights © 2017