Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017

EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI LAYANAN ENGLISH CORNER TERHADAP MINAT KUNJUNG ANAK SEKOLAH DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN SEMARANG

Noviana, Hidayah Nur (Unknown)
Kurniawan, Amin Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2017

Abstract

Perpustakaan sebagai lembaga atau institusi yang memiliki produk dan jasa berupa layananinformasi, tidaklah berbeda dengan lembaga lain yang menjual barang dan jasa. Perpustakaanmemberikan promosi dan pengiklanan, dengan mencari laba dan saat ini perpustakaan dituntut untukmemasarkan jasa-jasa atau produk yang mereka hasilkan agar dapat meningkatkan minat kunjung.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh efektivitas promosi melalui layananEnglish Corner terhadap minat kunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuisejauhmana efektivitas promosi dalam meningkatkan minat kunjung Layanan English Corner diKantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. Desain penelitian ini menggunakananalisis korelasi dengan pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Penelitian ini diukur dengan Variabel (X)adalah Promosi Layanan English Corner dan Variabel (Y) adalah Minat Kunjung. Jumlah sampeldalam penelitian ini sebanyak 92 Responden, penentuan sampel menggunakan Teknik ProbabilitySampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka. Metodeanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengelompokkan data berdasarkankuesioner. Teori yang di pakai Perpustakaan Umum, Efektivitas Promosi, Minat Kunjung, LibraryCorner, dan Promosi. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara promosi terhadapminat kunjung di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang, Uji hipotesismenggunakan Spearman dengan tingkat kepercayaan α = 0,05, hasil penghitungan nilai t hitung (-4,921) < t tabel (0,741) maka H0 ditolak. Sedangkan H1 diterima artinya terdapat pengaruh perbedaanrata-rata Layanan Promosi English Corner terhadap Minat Kunjung. Jika t hitung sama dengan ataulebih besar dari t tabel, maka koefisien korelasi signifikan. Jika t hitung lebih kecil dari t tabel, makakoefisien korelasi tidak signifikan. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa promosi EnglishCorner dapat meningkatkan minat kunjung anak sekolah di perpustakaan Kabupaten Semarang.

Copyrights © 2017