Jurnal Teknik Mesin
Vol 3, No 02 (2014): JTM : Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014

UNJUK KEMAMPUAN METALLIC CATALYTIC CONVERTER TEMBAGA BERLAPIS MANGAN TERHADAP REDUKSI EMISI CO DAN HC PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

ULUM, BAHRUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Abstrak Katalis merupakan zat yang ditambahkan dalam sistem reaksi untuk mempercepat reaksi. Katalis dapat menyediakan situs aktif yang berfungsi untuk mempertemukan reaktan dan menyumbangkan energi dalam bentuk panas sehingga molekul pereaktan mampu melewati energi aktivasi secara lebih mudah. Seperti diketahui bahan pencemar terdapat di dalam gas buang kendaraan bermotor adalah karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC), bila unsur tersebut terlepas ke udara dan bereaksi  akan membentuk senyawa yang membahayakan kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang catalytic converter untuk mengurangi emisi gas buang yang di hasilkan kendaraan bermotor. Catalytic converter pada penelitian ini menggunkan bahan tembaga berlapis mangan yang dipasang pada knalpot sepeda motor Satria FU yang akan diuji emisi sebelum penggunaan dan setelah dipasang catalytic converter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah motor Suzuki Satria FU 150. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah exhaust gas analyzer, oil temperature meter, rpm counter, chassis dynamometer, digital pocket scale, gelas ukur. Dari penelitian eksperimen ini didapatkan hasil terbaik reduksi emisi CO tertinggi pada kelompok eksperimen 1 menggunakan katalis dengan diameter lubang logam tembaga 2 mm yaitu sebesar 59,96% pada lambda 0,760 dengan purtaran mesin idle 1500 rpm dan temperatur 204°C jika dibandingkan knalpot standar. Hal ini disebabkan adanya teknologi mettallic catalytic converter berbahan tembaga berlapis mangan yang sudah mampu mereduksi emisi CO. Reduksi emisi HC tertinggi pada kelompok eksperimen 1 menggunakan katalis dengan diameter lubang logam tembaga 2 mm yaitu sebesar 70,12% pada lambda 0,763 dengan putaran mesin menengah 7000 rpm dan temperatur 369°C jika dibandingkan dengan knalpot standar. Hal ini disebabkan adanya teknologi metallic catalytic converter berbahan logam tembaga berlapis mangan yang mampu mengendalikan emisi gas buang kendaraan bermotor dengan cara mengonversikan emisi HC menjadi H2O. Kata kunci : Catalytic converter, katalis, tembaga, mangan, dan emisi gas buang

Copyrights © 2014