Farmaka
Vol 16, No 2 (2018): Farmaka (Agustus)

Survei Kepuasan Pelanggan Farmasi Poliklinik di Rumah Sakit di Indonesia

SILVIA PERMATA SARI (Program Studi Apoteker, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran)
Rizky Abdulah (Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2018

Abstract

Pelayanan Rumah Sakit seyogyanya memenuhi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Pelayanan farmasi sebagai salah satu operasional dan bagian dari pelayanan memerlukan pengukuran indikator kerja, salah satunya dengan survei kepuasan pelanggan. Survei dilakukan di pelayanan farmasi poliklinik dengan metode accidental sampling dan sampel pasien yang menggunakan jasa pelayanan farmasi poliklinik berjumlah 150 responden. Kualitas pelayanan dilihat berdasarkan dimensi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik sesuai urutan kepentingan relatifnya. Secara umum, hasil survei kepuasan pelanggan sudah cukup baik dengan nilai rerata 2,87 namun perlu dilakukan perbaikan untuk mengurangi waktu tunggu serta perbaikan kenyamanan ruang tunggu.Kata kunci: Kepuasan pelanggan, pelayanan farmasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

farmaka

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Health Professions Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Farmaka is replacement for Pharmaceutical Bulletin, published since 1991, with a frequency of four times a year. Editors accept scholarly works of research results and literature review which was closely related to the science, pharmaceutical technology and ...