Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
Vol 12 No 2 (2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN BROKOLI ORGANIK DI PASAR MODERN GELAEL SEMARANG

Kaney Cypert (Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)
E . Prasetyo (Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)
A . Setiadi (Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Di era modern ini masyarakat cenderung menyukai makanan-makanan organik dibandingkan makanan anorgnaik. Masyarakat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan membeli sayuran organik. Brokoli menjadi salah satu pilihan sayur masyarakat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi. Berkaitan dengan itu maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap brokoli organik. Penelitian dilaksanakan di pasar modern Gelael kota Semarang yaitu Gelael Akpol dan Gelael Mall Citraland. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling pada 100 responden yang membeli produk brokoli organik. Data dianalisis menggunakan analisis logistik biner untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden di Gelael Semarang yaitu responden didominasi oleh konsumen perempuan, berstatus menikah kelompok usia 31-40 tahun, latar belakang pendidikan Strata 1, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, memiliki jumlah anggota keluarga 4 – 6 orang, memiliki pendapatan antara Rp 4.500.000 - Rp 8.000.000,- per bulan dengan frekuensi pembelian brokoli organik sebanyak 2 kali dalam 1 bulan dengan pengeluaran untuk membeli brokoli organik sebesar Rp 30.000 – Rp 50.000. Adapun variabel lainnya berupa harga, lokasi, kualitas, gaya hidup, sikap dan promosi diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, lokasi, kualitas, dan sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian brokoli organik di Gelael Semarang. Kata Kunci: analisis deskriptif, brokoli organik, keputusan pembelian, regresi logistik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J – SEP) merupakan media ilmiah yang dikelola oleh Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Jember (Unej), memuat artikel tentang kajian – kajian sosial ekonomi pertanian yang diangkat dari hasil penelitian maupun kajian kritis. Jurnal ...