AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 8, No 2: Desember 2018

PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIKA BERBASIS SPSS SEBAGAI SELF EDUCATION MAHASISWA

Dwi Putri Musdansi (Universitas Islam Kuantan Singingi)
Rabby Nazli (Universitas Islam Kuantan Singingi)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Amanah UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 41 ayat 1 menyebutkan bahwa sumber belajar pada lingkungan pendidikan tinggi wajib disediakan, difasilitasi, atau dimiliki oleh Perguruan Tinggi sesuai dengan Program Studi yang dikembangkan. Oleh karenanya salah satu sumber ajar yang dapat dikembangkan adalah buku ajar. Salah satu buku ajar yang layak dikembangkan di Perguruan Tinggi adalah buku ajar Statistika. Sebab, Statistika merupakan salah satu komponen penting dalam riset. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika berbasis SPSS agar Universitas memiliki buku ajar mandiri. Model yang digunakan adalah Research & Development yang mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey (2009). Data ini dikumpulkan melalui validasi pakar/ahli materi dan media sebanyak 5 orang, serta disebarkan kepada mahasiswa sebanyak 15 orang dengan menggunakan instrumen “Skala Penilaian Kelayakan Buku” Analisa data pada penelitian pengembangan buku ajar dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif (Haryati, 2012). Dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan uji kelompok kecil diperoleh hasil dengan tingkat pencapaian 92,25% dengan kategori valid dan keputusan buku layak untuk digunakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...