Buletin Al-Turas
Vol 11, No 3 (2005): Buletin Al-Turas

The History of Madrasah

Hamid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2018

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang lahir dari dan untuk masyarakat. Masdrasah memiliki identitas tersendiri dibandingkan dengan sekolah. Pada masa kolonial, pendidikanmadrasah diankairikan dan dianggap sebagai  msekolah di luar sistem. Akibat perlakuan yang negatifdari pemerintah kolonial ini maka pendidikan islam termasukmadrasah menghadapi kesulitan dan terisolasi dari arus modernisasi. Pada masa kemerdekaan, madrasah tidak dimasukkan dalam sistem pendidikan nasional. Pada era Orde Lama, madrasah dibiarkan hidup, meskipun dalam keadaan yang sederhana dan apa adanya. Pada era Orde Baru, pemerintah mulai memeprhatikan madrasah, terutama setelah lahirnya UUSPN No.2 Tahun 1989, di mana madrasah dimasukkan dalam subsistem pendidikan nasional. Di sini madrasah dituntut untuk menggunakan Kurikulum Nasional dan ikut serta dalam Ebtanas. Kemudian dengan lahirnya UUSPN No.20 Tahun 2003, kedudukan madrasah  lebih mantap dan harus berbenah diri dan berpacu untuk mengejar ketertinggalannya dari sekolah-sekolah yang dibina Departemen Pendidikan Nasional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-turats

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BULETIN ALTURAS (ISSN 0853-1692; E-ISSN: 2579-5848) is open access journal that is published by Faculty of Adab and Humanities, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. It serves to disseminate research and practical articles that relating to the current issues on the study of history, literature, ...