Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019

Adoption of Innovation Online Transportation Application in Post-Millennial Generation in Pekanbaru City

Muhammad Badri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong berkembangnya industri transportasi berbasis aplikasi. Difusi inovasi aplikasi transportasi daring terjadi hampir di seluruh kota di Indonesia dan mulai dikenalkan di Kota Pekanbaru sejak 2017. Salah satu pengguna potensial aplikasi ini adalah generasi pasca-milenial. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui adopsi inovasi aplikasi transportasi daring pada generasi pasca-milenial di Kota Pekanbaru. Model penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format deskriptif untuk menganalisis tahapan proses keputusan inovasi: (1) pengetahuan, (2) persuasi, (3) keputusan dan implementasi, dan (4) konfirmasi. Jumlah sampel penelitian 100 orang pengguna aplikasi transportasi daring berusia 17 sampai 23 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa skor tahap pengetahuan kuat (77,8%) terutama pada indikator pengguna gawai sangat aktif. Skor persuasi sangat kuat (80,6%) terutama indikator kemudahan instalasi aplikasi tansportasi daring. Tahap keputusan dan implementasi sebagian besar responden merupakan kelompok inovator (36%) dengan skor implementasi cukup (43,4%) paling banyak untuk layanan pengantaran makanan dan ojek. Pada tahap konfirmasi skor meningkat menjadi 59,8% dengan indikator tertinggi tetap menginstal aplikasi dan meningkatkan penggunaan transportasi ojek dan taksi.

Copyrights © 2019