ABSTRAK (Seiring dengan berkembangnya jaman banyak bermunculan jenis-jenis sepatu dengan model dan tipe yang bervariasi. Hal ini membuat tingkat penjualan sepatu berkembang pesat. IDworldshop sebagai salah satu pelaku usaha sepatu yang berada di Bandung dan berdiri sejak 2012. Hingga saat ini IDworldshop belum memiliki model bisnis, dengan menciptakan model bisnis yang tepat, IDworldshop dapat menghadapi persaingan serta mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk memetakan bisnis IDworldshop dengan business model canvas. Setelah itu dihasilkan rancangan bisnis model baru sebagai pengembangan bisnis IDworldshop. Hasil pengolahan menyatakan gambaran model bisnis IDworldshop sudah baik jika ditinjau dari business model canvas. Dan dari hasil analisis SWOT diketahui kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya, serta ditemukan juga kelemahan dan ancaman yang harus diwaspadai oleh IDworldshop. Dari hasil yang diperoleh, IDworldshop disarankan untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan customer segment, memberikan pelayanan dengan memberikan diskon dan souvenir, serta meningkatkan pendapatan dengan menambah variasi produk penjualan. Kata Kunci : Business Model Canvas dan Strategi pengembangan bisnis
Copyrights © 2020