JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE
Vol 4, No 1 (2018): April 2018

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PETA NEGARA INDONESIA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 TIBANG BANDA ACEH BERBASIS MULTIMEDIA

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi (Unknown)
Fathiah, Fathiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2018

Abstract

Abstrak-Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberi kemudahan dalam penyampaian sebuah informasi. Dalam penelitian ini pemanfaaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan animasi untuk membantu dan meningkatkan minat para pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar agar lebih efesien. Hal ini dilakukan karena sebagian materi yang dipelajari terkadang terlihat membosankan bagi para pelajar terutama dalam mempelajari materi pembelajaran ilmu Geografi, bahkan saat ini siswa Negeri 15 Tibang Banda Aceh kurang minat mempelajari peta Indonesia, dikarenakan guru saat ini hanya memberi penjelasan melalui buku-buku sehingga tidak menarik dan membosankan, Selain itu kurangnya sarana dan media informasi lainnya seperti gambar-gambar dan ensiklopedia yang disediakan disekolah tersebut.  Dari permasalahan ini maka penulis melakukan penelitian tentang perancangan animasi interaktif pengenalan peta negara Indonesia pada Sekolah Dasar Negeri 15 Tibang Banda Aceh berbasis multimedia. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Professional CS6, Adobe Photoshop, dan Wondershare Filmora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan suatu metode penelitian yang lebih difokuskan dengan situasi atau fenomena-fenomena yang diteliti. Kata Kunci : Peta Indonesia, Animasi Interaktif, Pembelajaran

Copyrights © 2018