KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 8 No. 1 Januari – Juni 2019

PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP SERIAL DRAMA TELEVISI ELIF DI SCTV (RISET AUDIENS DI KELURAHAN CAILE KABUPATEN BULUKUMBA)

Arini Disti Utami (

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar

)

Muhammad Farid (

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar

)

Alem Febri Sonni (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui persepsi ibu rumah tangga di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba tangga saat menonton film drama Elif di SCTV; (2) Mengetahui motif penggunaan dan pemuasan ibu rumah tangga di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba tangga saat menonton film drama Elif di SCTV. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif atau field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan (1) persepsi merupakan aktifitas yang integral pada setiap individu, seperti perasaan, pengalaman, kemampuan berpikir, kerangka acuan, dan aspek-aspek lain akan ikut berperan dalam persepsi tersebut. Latar belakang sosial-psikologis memengaruhi arah penafsiran seseorang terhadap persepsi sosialnya. Dalam kaitan dengan penelitian ini, menunjukkan kenyataan bahwa yang menjadi sorotan para ibu rumah tangga terhadap konstruksi film drama Elif Di SCTV adalah tentang alur cerita film yang dominan mencerminkan realitas konflik dalam rumah tangga. Dari sisi pemeran film, persepsi ibu rumah tangga cenderung memusatkan perhatiannya pada kekuatan karakter setiap pemeran baik peran antagonis maupun protagonis. Dimensi persepsi sosial ibu rumah tangga terhadap konstruksi film drama Elif Di SCTV berkaitan dengan penafsiran terhadap aspek fungsional dari film drama. Berdasarkan kajian terhadap dimensi fungsional film drama Elif Di SCTV, tampak suatu kecenderungan bahwa konten drama ini relatif mengedapankan nuansa hiburan yang dapat menyentuh sisi emosional pemirsa dalam setiap episode. (2) Hasil penelitian ini membuktikan asumsi dasar teori uses and gratifications, bahwa audiens adalah ’khalayak aktif’. Dalam kaitan ini, ibu rumah tangga sebagai khalayak memiliki kecenderungan untuk mengolah makna atas informasi yang diperolehnya melalui film drama Elif Di SCTV. Berdasarkan temuan data penelitian, ditemukan kenyataan tentang motif penggunaan media/konten film drama Elif yang beragam di kalangan ibu rumah tangga. Secara umum, motif penggunaan yang mendorong ibu rumah tangga untuk menonton film drama Elif mencakup indikator penggunaan media (media uses), yakni motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan.

Copyrights © 2019