Penilaian capaian belajar merupakan salah satu tolak ukur dalam keberhasilan proses belajar mengajar, salah satu metode pengukuran capaian tersebut adalah dengan penilaian essay, namun pada prosesnya penilaian dengan essay terdapat beberapa kekurangan diantaranya objektifitas penilai dalam memberikan hasil penilaian tersebut, beberapa peneliti telah melakukan penelitian tentang sebuah sistem penilaian essay secara otomatis diantaranya menggunakan beberapa algoritma seperti LSA (Latent Semantic analysis) dan Neural Network, algoritma tersebut memiliki beberapa kekurangan seperti pada LSA yang memiliki kekurangan dalam penanganan vector dalam mencocokan teks, sedangkan NN perlu data yang besar dalam mencocokan teks, pada penelitian ini akan diterapkan algoritma rabin karp, yang bekerja secara langsung dalam mencocokan teks berdasarkan Hash yang ditambahakan TF-IDF yang berguna untuk melakukan pengindekan dan menghitung frekuensi kemunculan teks pda sebuah dokumen, kedua metode ini terbukti mampu meningkatkan hasil pencocokan sebesar 11,81%
Copyrights © 2020