Tumbuh Kembang
Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TELAAH DALAM PERMENDIKBUD 146 TAHUN 2014 ) TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

lusi marlisa (universitas muhammadiyah metro)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Kontradiksi dalam kurikulum 2013 saat ini masih menjadi polemik, dikarenakan peralihan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan KTSP beralih menjadi kurikulum 2013. Pengembangan kurikulum dan konsep pembelajaran pada kurikulum ini masih terdapat kesenjangan pada beberapa sekolah dalam pengaplikasiannya. Konsep pembelajaran yang berpusat pada anak dengan menggunakan pendekatan saintifik, masih menjadi pembelajaran yang harus dikaji lebih dalam oleh para praktisi pendidikan anak usia dini, sehingga dalam implementasinya pada saat ini diperlukan sosialisasi lebih lanjut. Pedoman pembelajaran yang digunakan melalui pendekatan saintifik memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak dan mendorong anak-anak untuk berpikir lebih kritis, analisis, dan kemampuan dalam memcahkan masalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran bersifat saintifik. Kemudian, manfaat yang akan dirasakan dalam Mengembangkan berpikir saintifik sejak usia dini akan mempermudah transfer keterampilan saintifik yang mereka miliki menjadi area akademik yang dapat mendukung prestasi akademik saat anak masuk jenjang SD, SMP,SMA, dan perguruan tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...